Laporan Penyelidikan Tanah

Laporan penyelidikan tanah untuk perancangan fondasi dibuat dengan mempertimbangkan seluruh data lubang bor, lubang percobaan, observasi lapangan, pengujian-pengujian lapangan dan laboratorium. Selanjutnya, laporan penyelidikan tanah secara lengkap harus berisi :

  1. Pendahuluan
  2. Deskripsi lokasi proyek
  3. Kondisi geologi lokasi proyek
  4. Deskripsi lapisan tanah
  5. Hasil pengujian laboratorium
  6. Pembahasan
  7. Kesimpulan

Berikut ini penjelasannya :

Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang maksud dan tujuan diadakannya penyelidikan tanah, waktu penyelidikan, dan untuk siapa penyelidikan tersebut dilakukan. Harus dijelaskan maksud penyelidikan yang dilakukan; hanya untuk memperoleh data yang terbatas, yang akan digunakan dalam penyelidikan yang sifatnya taksiran, atau untuk penyelidikan penuh dengan pengeboran, pengujian laboratorium, dan analisis hasil, yang dilaksanakan untuk pertimbangan perencanaan fondasi, cara pelaksanaan, serta untuk menghitung daya dukung tanah yang diijinkan.

Desripsi Lokasi Proyek

Pada bagian ini harus dijelaskan : letak proyek, kondisi permukaan tanah, adanya pohon-pohon, bangunan lama, kubangan, tempat pembuangan sampah, sungai, jalan, saluran atau gorong-gorong, dan lain-lainnya. Selain itu, dijelaskan pula mengenai kemungkinan adanya banjir, erosi permukaan, penurunan permukaan, gempa bumi, stabilitas lereng, serta retakan-retakan akibat penurunan yang sering terjadi pada bangunan di sekitar lokasi tersebut.

Kondisi Geologi Lokasi Proyek

Keterangan kondisi geologi di lokasi pekerjaan diberikan berdasarkan hasil data pengeboran. Data hasil pengeboran sebaiknya dibandingkan dengan data yang telah ada sebelumnya, untuk pertimbangan ketelitian hasil pengujiannya. Dari data geologi yang diperoleh, perhatian diberikan jika terdapat patahan, sumber air, rongga-rongga bawah tanah, lapisan lunak, dan lain-lain yang nantinya akan sangat mempengaruhi besarnya daya dukung fondasi.

Deskripsi Lapisan Tanah

Deskripsi lapisan tanah yang diperoleh dari hasil pengeboran. Di sini, harus dijelaskan mengenai gambaran jenis dan bentuk lapisan tanah, elevasi perubahan lapisan, serta elevasi muka air tanah. Penggambaran bentuk lapisan tanah diperoleh dari beberapa data lubang bor. Bentuk lapisan akan berguna sebagai pertimbangan teknis dalam perancangannya.

Hasil Pengujian Laboratorium

Hal ini berisi penjelasan mengenai macam-macam pengujian laboratorium yang dilakukan. Prosedur pengujian dijelaskan hanya bila dilakukan pengujian yang tidak standar, khususnya untuk alat penyelidikan. Perhatian diberikan bila terdapat hasil pengujian yang tidak seperti biasanya atau hal-hal yang khusus lainnya. Untuk penjelasan secara detail, hasil pengujian dibuat dalam bentuk tabel-tabel dan grafik-grafik. Hal ini dilakukan pada hasil-hasil pengujian triaksial, tekan bebas, geser langsung, analisa butiran, dan konsolidasi.

Pembahasan

Pembahasan merupakan inti pokok dari isi laporan yang harus disajikan secara jelas dan singkat. Pembahasan dilakukan pada kondisi bangunan rencana dan beban-beban rencana yang nantinya akan dipertimbangkan terhadap kondisi tanah fondasi dan jenis fondasi yang cocok untuk mendukung bangunannya. Selanjutnya, pembahasan dilakukan pada bangunan-bangunan pelengkap yang akan membutuhkan fondasi khusus. Rekomendasi untuk perencanaan fondasi harus didasarkan pada hasil pengeboran dan pengujian, dan tidak boleh didasarkan pada dugaan/asumsi.

Kesimpulan

Merupakan ringkasan laporan, yang berguna untuk membantu perancang yang tidak mempunyai waktu untuk membaca seluruh isi pembahasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s