Profesi Insinyur Sipil

Teknik sipil dianggap sebagai ranah ilmu keteknikan yang paling tua. Banyak keahlian yang dimiliki oleh seorang insinyur sipil, mulai dari membangun rumah tinggal, gedung pencakar langit, jalan, dan jembatan, yang sangat berguna bagi kepentingan umum. Insinyur sipil bertanggung jawab untuk membangun proyek skala besar. Mereka harus mempertimbangkan banyak faktor dalam design mereka, seperti : biaya konstruksi, penjadwalan, peraturan pemerintah, dampak lingkungan, dan bencana yang mungkin terjadi (misalnya : angin topan, gempa bumi).

Spesialis utama untuk bidang teknik sipil ini sebagai berikut :

  • Insinyur konstruksi; menggunakan keahlian teknik dan manajemen untuk membangun proyek tepat waktu sesuai dengan dana dan spesifikasi yang ditentukan. Kemampuan mereka meliputi : metode konstruksi, peralatan, pembiayaan, perencanaan, dan manajemen.
  • Insinyur struktur; bertugas untuk menganalisis dan merancang struktur untuk memastikan bahwa struktur tersebut aman, tidak hanya terhadap bebannya sendiri, namun juga terhadap beban dinamis, seperti : angin topan, gempa bumi, badai salju, dan banjir.
  • Insinyur geoteknik; adalah orang-orang yang ahli di bidang mekanika tanah. Keahlian mereka sangat esensial saat membangun terowongan, pondasi, jalan, dam, dan tanggul.
  • Insinyur transportasi; terlibat pada sistem yang digunakan untuk memindahkan manusia dan barang di darat, laut, dan udara. Mereka merancang, membangun, dan merawat jalan raya, rel kereta, bandara, dan pelabuhan.
  • Insinyur lingkungan; melindungi bumi kita dari limbah yang dihasilkan oleh kalangan industri. Para insinyur lingkungan ini menggunakan proses fisika, kimia, dan biologi untuk menyediakan air minum yang aman, membersihkan area yang terkontaminasi, mencegah polusi udara, mengolah air limbah, dan mengelola limbah padat.
  • Insinyur sumber daya air; merancang sistem untuk mencegah terjadinya banjir, mendistribusikan air, menjernihkan air minum, melindungi pantai, dan mengelola sungai. Proyek mereka meliputi : pembangkit listrik tenaga air, kanal, dam, dan saluran irigasi.

Karena kedekatan hubungannya dengan proyek sipil, banyak insinyur sipil bekerja di pemerintahan. Ada juga yang bekerja pada perusahaan konstruksi yang membangun proyek-proyek berskala besar. Beberapa memiliki bisnis konsultan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s